KEWARGANEGARAAN

TUGAS ESSAY SEBELUM UTS
1. Sebutkan pasal-pasal dan ayat-ayat berapa di UUD 1945 yang menjadi dasar hukum penddidikaan kewarganegaraan.
2. Sebutkan apa saja isu global yang ditujukan ke negara RI oleh negara- negara maju dan adi kuasa.
3. Jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia (HAM)
4. Sebutkan Bab dan pasal di UUD 1945 yang khusus membicarakan tentang HAM.
5. Jelaskan tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi.
6. Sebutkan isi Pasal 30 ayat 1 UUD 1945
7. Jelasakan apa yang dimaksud dengan unsur negara yang bersifat Konstitutif dan yang bersifat Deklaratif.
8. Sebutkan tujuan Nasional bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945
9. Sebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945
10. Jelaskan menurut pendapat Abrahan Lincoln tentang demokrasi
11. Jelaskan pengertian bangsa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia
12. Jelaskan bagaimana suatu negara dapat dikatakan negara demokrasi
13. Jelaskan pendapat John Lock tentang hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia
14. Jelaskan tentang demokrasi di Indonesia.


jawaban
1.a. PASAL 30 ayat 1 UUD 1945 bahwa: “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”
b.PASAL 27 ayat 3 UUD 1945 bahwa: “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaaan negara.

2. tentang perekonomian yg rendah, kemiskinan,dan korupsi

3. Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

4. Dalam UUD 1945 yang diamandemen, HAM secara khusus diatur dalam Bab XA, mulai pasal 28 A sampai dengan pasal 28 J.

5. Dalam kehidupan kampus di seluruh perguruan tinggi indonesia,harus dikembangkan menjadi lingkungan ilmiah yang dinamik,berwawasan budaya bangsa,bermoral keagamaan dan berkepribadian indonesia.Untuk pembekalan kepada para mahasiswa di indonesia berkenaan dengan pemupukan nilai-nilai,sikap dan kepribadian,diandalkan kepada pendidikan pancasila,Bela Negara,Ilmu Sosial Dasar,Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Alamiah Dasar sebagai latar aplikasi nilai dalma kehidupan.

6. a. PASAL 30 ayat 1 UUD 1945 bahwa: “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”

7. Unsur pembentuk negara (konstitutif): wilayah/ daerah, rakyat, pemerintah yang berdaulat
Unsur deklaratif: pengakuan oleh negara lain.

8. Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahtetaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

9. Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

10. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln berikut ini adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat (Democracy is government of the people, by the people and for the people).

11. Jelaskan pengertian bangsa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia ?
Jawab : Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah orang-orang yang memiliki asal kesamaan keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta berpemerintahan sendiri, atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

12. Jelaskan bagaimana suatu negara dapat dikatakan negara demokrasi ?
Jawab : Suatu negara dapat dikatakan demokratis apabila kekuasaan mayoritas digandengkan dengan jaminan atas hak asasi manusia. Kelompok mayoritas dapat melindungi kaum minoritas. Hak-hak minoritas tidak dapat dihapuskan oleh suara mayoritas. Semua kelompok golongan atau warga negara hendaknya mendapat perlindungan hukum atau mendapat jaminan menurut undang-undang.

13. Jelaskan pendapat John Lock tentang hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia ?
Jawab : John Locke menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. (Mansyur Effendi, 1994).

14. Sejak merdeka, Indonesia telah mempraktekkan beberapa sistem politik pemerintahan atas nama demokrasi, dari, oleh dan untuk rakyat.



Quiz Kewarganegaraan 1

I. Jawablah pertanyaan berikut ini

1. Apa hakekat dari pada pendidikan?
2. Apa kepanjangan dari  IPTEKS?
3. Jelaskan makna perubahan kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan ketakterdugaan?
4. Mengapa IPTEKS harus berlandaskan nilai keagamaan?
5. Apa yang dimaksud dengan krisis multidimensi?

II. Carilah contoh-contoh (min. 2)
tentang globalisasi yg ditandai
oleh pesatnya perkembangan
IPTEKS khususnya di bidang
informasi, komunikasi, dan
transportasi yang membuat dunia
menjadi semakin transparan.
Sertakan gambar video
Jawaban !
(I.)
1.) Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya masyarakat dan pemerintah untuk kelangsungan hidup warganya dan generasi penerus, yang bermakna dan mampu mengantisipasi hari depan yang senantiasa terkait dengan konteks budaya, bangsa, negara dan hubungan internasional.

2.) IPTEKS : Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni

3.) Sehingga pendidikan tinggi tidak dapat mengabaikan realita kehidupan yang mengglobal.

4.) Untuk itu diperlukan pembekalan IPTEKS yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan, nilai-nilai moral, dan nilai-nilai budaya bangsa. Nilai-nilai dasar tersebut berperan sebagai panduan dan pegangan hidup setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

5.) Bahwa kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara sedang menghadapi suatu cobaan yang sangat berat.

Quiz Kewarganegaraan 2
Kelompok :
-Eni Nurkayati
-Siti Ropiah
-Siti Rahmasita
-Yuni Indriyani
-Susi Martanti
-Riska Islaminati

Carilah contoh kasus yang menyangkut kewarganegaraan seseoarang di internet misalnya tentang status kewarganegaraan artis atau olahragawan di negara kita ?
Jawaban !
Cara Memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia
Menurut UU No. 12 Tahun 2006


1. Melalui kelahiran

a. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah dan ibu warga
2. Melalui Pengangkatana. diangkat sebagai anak oleh WNI4. Melalui perkawinana. warga Negara asing yang kawin secara sah dengan WNI


Negara Indonesia
b. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu warga
Negara asing
c. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah warga Negara
asing dan ibu WNI
d. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI, tetapi
ayahnya tidak mempunyai kewarganegaraan atau hokum Negara asal ayahnya tidak
memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut.
e. Anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal
dunia dari perkawinan yang sah dan ayahnya WNI
f. Anak yang lahir diluar perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI
g. Anak yang lahir diluar perkawinan yang sah dari seorang ibu WNA yang diakui
oleh seorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum
anak tersebut berusia 18 ( delapan belas ) tahun atau belum kawin
h. Anak yang lahir di wilayah NRI yang pada waktu lahir tidak jelas status
kewarganegaraan ayah dan ibunya
i. Anak yang baru lahir ditemukan di wilayah NRI selama ayah dan ibunya tidak
diketahui
j. Anak yang lahir di wilayah NRI apabila ayah dan ibunya tidak mempunyai
kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya
k. Anak yang dilahirkan diluar wilayah NRI dari seorang ayah dan ibu WNI yang
karena ketentuan dari Negara tempat aanak tersebut dilahirkan tidak
memberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan.
l. Anak WNI yang lahir diluar perkawinan yang sah, belum berusia 18 ( delapan
belas ) tahun atau belum kawin diakui secara sah oleh ayahnya yang
berkewarganegaraan asing tetap diakui sebagai WNI
m. Anak WNI yang belum berusia 5 ( lima ) diangkat secara sah sebagai anak oleh
WNA berdasarkan penetapan pengadilan tetaop diakui sebagai WNI

2. Melalui Pengangkatan

a. diangkat sebagai anak oleh WNI
b. pada waktu pengangkatan itu ia belum berumur 5 tahun
c. pengangkatan anak itu memperoleh penetapan pengadilan
3. Melalui Pewarganegaraan
a. telah berusia 18 tahun atau sudah kawin
b. pada waktu pengajuan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah NRI
paling sedikit 5 tahun berturut – turut atau paling singkat 10 tahun tidak
berturut – turut.
c. Sehat jasmani dan rohani
d. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar Negara Pancasila dan UUD 1945
e. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam
dengan pidana penjara 1 tahun atau lebih
f. Jika dengan memperoleh kewarganegaraan RI, tidak menjadi berkewarganegaraan
ganda
g. Mempunyai pekerjaan dan/ atau penghasilan tetap
h. Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara
i. Orang asing yang telah berjasa kepada NRI atau karena alas an kepentingan
Negara.
4. Melalui perkawinan
a. warga Negara asing yang kawin secara sah dengan WNI
b. menyampaikan pernyataan menjadi warga Negara di hadapan pejabat. Kisi- kisi Uas Essay 1.Sebutkan isi Pasal 1 ayat 1 UUD 1945. 2. Pemahaman Archipelago di Negara-Negara Barat berbeda dengan pemahaman Archipelago di Indonesia. Jelaskan tentang perbedaan tersebut. 3. Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982. Jelaskan apa keuntungan dan kerugiannya. 4. Sebutkan apa saja Ajaran Dasar Wawasan Nusantara 5. Jelaskan apa yang ditulis oleh JOHN NAISBIT, dalam bukunya berjudul GLOBAL PARADOX. 6. Perkembangan global saat ini sangat maju pesat, khususnya perkembangan dalam bidang apa? 7. Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan satu bangsa perlu memperhatikan 4 K. Sebutkan apa 4 K tersebut 8. Wujud Pertahanan dan Keamanan Indonesia tercermin dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara dengan menghadapi yang disebut AGHT. Sebutkan apa kepanjangan dari AGHT. 9. Unsur Dasar Wawasan Nusantara diantaranya Tata Laku. Jelaskan tentang Tata Laku. 10. Jelaskan pendapat dari penulis buku Borderless World, Kenichi Omahe dalam menghadapi kekuatan global.  Jawaban 1. Isi pasal 1 ayat 1 UUD'45 : Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik. 2. PEMAHAMAN BARAT, LAUT BERPERAN SEBAGAI “PEMISAH PULAU”. PAHAM INDONESIA, LAUT BERPERAN SEBAGAI “PENGHUBUNG PULAU” SEHINGGA WILAYAH NEGARA INDONESIA MENJADI SATU KESATUAN SEBAGAI, “TANAH AIR” DISEBUT NEGARA KEPULAUAN. 3. Keuntungan dan kerugian: 1. Keuntungan: Diakuinya Indonesia sbg Archipelago State Luas wilayah Negara bertambah. c. Sumber daya alam bertambah. 2. Kerugian: a. Mengakomodasi lintas laut Kepulauan (ALKI 1 Selat Sunda -Laut China Selatan, Alki 2 Selat Lombok - Laut Kalimantan dan Alki 3 dari beberapa Selat di selatan Indonesia Timur ke Samudra Pacifik. b. Kerawanan meningkat. 4. LANDASAN IDIIL : PANCASILA, DAN LANDASAN KONSTITUSIONAL : UUD 1945 5. JOHN NAISBIT, DALAM BUKUNYA CLOBAL PARADOX, MENULIS “TO BE A GLOBAL POWERS, THE COMPANY MUST GIVE MORE ROLE TO THE SMALLEST PART” (bahwa negara harus dapat memberikan peranan sebesar-besarnya kepada rakyatnya). 6. khususnya dibidang teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. 7. KEKUATAN, KETANGGUHAN, KEMAMPUAN dan KEULETAN (K-4) 8. ANCAMAN, GANGGUAN, HAMBATAN & TANTANGAN (AGHT). 9. TATA LAKU, MERUPAKAN INTERAKSI ANTARA WADAH DAN ISI. TATA LAKU BATINIAH DAN LAHIRIAH 10. penulis buku boroderless world (kenichi omahe) bahwa untuk dapat menghadapi kekuatan global peran pemerintah pusat harus dikurangi dan lebih memberikan peran kepada pemerintah daerah dan masyarakat